Kamis, 21 Februari 2013

Ngoceh 1 #nulis

Sedikit bingung mau nulis apa. Pengen sebenarnya jadi penulis. Tapi buat menulis satu paragraf aja susaah.. apalagi nulis satu lembar. Gak usah satu lembar deh, dua paragraf aja kadang mati-matian nyeleseinnya. Belum lagi banyak godaan-godaan yang datang. Semisal godaan si kotak ‘tv’ yang punya banyak siaran menarik mulai dari sinetron anjing yang tertukar, gosip si Rapi Amad make narkobi, sampe anjing yang digonceng majikannya ( eh ni beneran lho, pas lagi nulis ini, sekilas mataku ngelirik si layar bening, eeehhh ada anjing yang di gonceng pemiliknya, duduknya santai banget lagi, kayak .. yaa kayak orang santai dan menikmati duduk. Hehe ). Ada pula si gadget yang tiba-tiba bunyi, terbirit – birit lah si jari nyari tu handpone yang ngumpet dibalik kasur. Mana bisa fokus ngetik di keybord kalo udah gini. Malah sibuk ngetik di keypad. Kadang-kadang si F biru dan si burung biru juga menggiurkan sekali, bisa-bisa sejam dua jam habis cuma ngeliat status-status “penting” (penting lohh, bukan gak penting) yang ada disana. Bener-bener buang waktu. Satu lagi, suara bang Adam Levine yang kayak eskrim *slruuupp* juga bikin iman nulis ku goyah. Malah sibuk ngebayangin lukisan-lukisan antik dibadannya *oh my god* *hrrrr* ga ngerti harus ngetik emoticon kayak apa.

Gitu tu kalo aku lagi pengen nulis. Tangan ni selalu jahil mindah-mindahin kursor ke folder-folder atau shortcut yang gak penting buat dibuka saat itu. Mata juga ngelirik sono sini entah nyari apa. Belum lagi si pulau tengah (perut bro) teriak teriak minta diisii. Yang paling bikin sebel kebiasaan tanganku yang selalu nyari-nyari tempat buat menggaruk, kadang dipaha, di betis, di tangan, dikepala, di punggung, parahnya kalo dah nyampe hidung si tangan asiik ngupil sampe lupa deh apa yang tadi ditulis *aib banget nih *. Kadang aku juga heran kok bisa tiba-tiba gatel padahal udah mandi  dengan ritual nyabun 7 kali, nyampo 7 kali, luluran 7 kali, kumur-kumur 7 kali, cebok 7 kali, dan ngupil 7 kali. Kenapa lagi bisa GATEL-GATELL ??

Ada yang ngalamin kayak aku gak ya? Semoga ada dan harus ada soalnya aku gak mau begok sendiri. Hahaa..

Dulu *wiiiiww* pas semester awal kuliah, aku ngambil mata kuliah dasar-dasar penulisan. Mata kuliah ini intinya ngajarin gimana caranya nulis yang bener, tentunya untuk penilaian akademis. Penulisan untuk karya-karya akademis gak bisa sembarangan kayak aku nulis tulisan ga mutu ini, juga gak bisa asal-asal curhat kayak nulisa diary. Harus jelas mana fakta dan mana opini, alur terstruktur semisal dari umum-khusus atau dari khusus-umum. Punya refesensi yang terpercaya dan referensinya harus dicantumin  berdasarkan aturan-aturan yang udah ditetapin. Artinya matakuliah ini penting banget buat SKRIPSI pemirsaaaaaaaaahhhhhh!! Jadi jangan sia-siain pelajaran apapun yang kalian dapat sekecil apapun itu.

Nih aku juga mau cerita, mata kuliah itu gak cuma ngajarin membuat tulisan akademis tapi juga non akademis, kayak bikin cerpen, novel, karangan fiksi, puisi. Kalo untuk ini, gak terlalu banyak aturan, kita bisa nulis tanpa terikat aturan tapi yang jelas jangan melupakan EYD, apalagi kalo pengen naskah kita diterbitin. Berdasarkan info yang sempat saya baca di twit-twit penerbit terkenal, mereka sempat berkicau bahwa banyak sekali tulisan-tulisan yang masuk ke redaksi tidak memperdulikan aturan EYD dan tanda baca, mereka beranggapan bahwa ada tim editor yang bisa menyunting tulisan-tulisan mereka, sebenarnya jika mereka sudah memperbaiki EYD dan tanda baca editor bisa berfokus kepada cerita bukan pada tulisan. 

Naaahhh.. pada dasarnya seorang yang baru memulai menulis selalu bermasalah pada ide dan bagaimana cara memulai cerita mereka. satu kalimat yang aku ingat dari dosen daspen ku tadi, beliau bilang “tulis saja, kapan lagi” (hehe ini judul buku lho, buku itu dosenku yang bikin) itu artinya, jangan terlalu banyak mikir, apa yang ada dipikiran langsung ditulis, tuangkan saja dengan menggoreskan tintamu atau menenkan keybord mu. dan tetap jaga alur pemikiranmua.
Tapi kalo dipikir-pikir bagi pemula itu merupakan sesuatu yang agak susah buat direalisasikan. Kalo gitu kalian bisa dengan mulai memikirkan cerita apa yang akan kalian ceritakan, tema nya saja, maksudnya garis besar ceritanya saja, setelah itu baru merangkai tulisan biasanya sambil menulis banyak pikiran-pikiran segar yang muncul. Hanya saja jangan terjebak dengan ide-ide baru yang mucul yang bisa ngerubah topik cerita, tetap fokus pada ide awal. Ide-ide baru bisa dijadikan cerita baru nantinya. 

Kalo aku biasanya yang bikin tulisan gak selesai karena banyak gangguan yang udah aku sebutin diatas. Terutama kebiasaan menggaruk. Bagi yang punya masalah tidak bisa fokus seperti saya, biasakan memulis pada saat-saat tenang, dengerin musik yang gak kita hafal, menjauh dari gadget dan media sosial, yang penting mandi dulu biar gak gatel-gatel. Hahahahaa.  Sssssstttt...

*end*